Hari Jumat merupakan hari raya tiap pekan;
1. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِينَ، إِنَّ هَذَا يَوْمٌ جَعَلَهُ اللَّهُ لَكُمْ عِيدًا، فَاغْتَسِلُوا، وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ
“Wahai kaum muslimin, sesungguhnya saat ini adalah hari yang dijadikan
oleh Allah sebagai hari raya untuk kalian. Karena itu, mandilah dan kalian
harus menggosok gigi.” (H.r. Tabrani dalam Mu’jam Ash-Shaghir, dan dinilai
sahih oleh Al-Albani)
إِنَّ يَوْمَ الْجُمْعَة يَوْمُ عِيدٍ ، فَلَا تَجْعَلُوا يَوْم عِيدكُمْ يَوْم صِيَامكُمْ , إِلَّا أَنْ تَصُومُوا قَبْله أَوْ بَعْده
“Sesungguhnya, hari Jumat adalah hari raya. Karena itu, janganlah kalian
jadikan hari raya kalian ini sebagai hari untuk berpuasa, kecuali jika kalian
berpuasa sebelum atau sesudah hari Jumat.” (H.r. Ahmad dan Hakim; dinilai sahih
oleh Syu’aib Al-Arnauth)
Hari Jumat merupakan “yaumul mazid” (hari tambahan) bagi penduduk surga
Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu; bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
أتاني جبريل وفي يده كالمرآة البيضاء فيها كالنكتة السوداء فقلت يا جبريل ما هذه قال الجمعة قال قلت وما الجمعة قال لكم فيها خير قال قلت وما لنا فيها قال يكون عيدا لك ولقومك من بعدك ويكون اليهود والنصارى تبعا لك قال قلت وما لنا فيها قال لكم فيها ساعة لا يوافقها عبد مسلم يسأل الله فيها شيئا من الدنيا والآخرة هو له قسم إلا أعطاه إياه أو ليس بقسم إلا ادخر له عنده ما هو أفضل منه أو يتعوذ به من شر هو عليه مكتوب إلا صرف عنه من البلاء ما هو أعظم منه قال قلت له وما هذه النكتة فيها قال هي الساعة هي تقوم يوم الجمعة وهو عندنا سيد الأيام ونحن ندعوه يوم القيامة ويوم المزيد قال قلت مم ذاك قال لأن ربك تبارك وتعالى اتخذ في الجنة واديا من مسك أبيض فإذا كان يوم الجمعة هبط من عليين على كرسيه تبارك وتعالى ثم حف الكرسي بمنابر من ذهب مكللة بالجواهر ثم يجيء النبيون حتى يجلسوا عليها وينزل أهل الغرف حتى يجلسوا على ذلك الكثيب ثم يتجلى لهم ربك تبارك وتعالى ثم يقول سلوني أعطكم قال فيسألونه الرضى فيقول رضائي أحلكم داري وأنيلكم كراسي فسلوني أعطكم قال فيسألونه قال فيشهدهم أنه قد رضي عنهم قال فيفتح لهم ما لم تر عين ولم تسمع أذن ولا يخطر على قلب بشر قال وذلكم مقدار انصرافكم من يوم الجمعة …. قال فليسوا إلى شيء أحوج منهم إلى يوم الجمعة ليزدادوا إلي ربهم نظرا وليزدادوا منه كرامة
Jibril pernah mendatangiku, dan di tangannya ada sesuatu seperti kaca
putih. Di dalam kaca itu, ada titik hitam. Aku pun bertanya, “Wahai Jibril, ini
apa?” Beliau menjawab, “Ini hari Jumat.” Saya bertanya lagi, “Apa maksudnya
hari Jumat?” Jibril mengatakan, “Kalian mendapatkan kebaikan di dalamnya.” Saya
bertanya, “Apa yang kami peroleh di hari Jumat?” Beliau menjawab, “Hari jumat
menjadi hari raya bagimu dan bagi kaummu setelahmu. Sementara, orang Yahudi dan
Nasrani mengikutimu (hari raya Sabtu–Ahad).” Aku bertanya, “Apa lagi yang kami
peroleh di hari Jumat?” Beliau menjawab, “Di dalamnya, ada satu kesempatan
waktu; jika ada seorang hamba muslim berdoa bertepatan dengan waktu tersebut,
untuk urusan dunia serta akhiratnya, dan itu menjadi jatahnya di dunia, maka
pasti Allah kabulkan doanya. Jika itu bukan jatahnya maka Allah simpan untuknya
dengan wujud yang lebih baik dari perkara yang dia minta, atau dia dilindungi
dan dihindarkan dari keburukan yang ditakdirkan untuk menimpanya, yang nilainya
lebih besar dibandingkan doanya.” Aku bertanya lagi, “Apa titik hitam ini?”
Jibril menjawab, “Ini adalah kiamat, yang akan terjadi di hari Jumat. Hari ini
merupakan pemimpin hari yang lain menurut kami. Kami menyebutnya sebagai
“yaumul mazid”, hari tambahan pada hari kiamat.” Aku bertanya, “Apa sebabnya?”
Jibril menjawab, “Karena Rabbmu, Allah, menjadikan satu lembah dari minyak
wangi putih. Apabila hari Jumat datang, Dia Dzat yang Mahasuci turun dari
illiyin di atas kursi-Nya. Kemudian, kursi itu dikelilingi emas yang dihiasi
dengan berbagai perhiasan. Kemudian, datanglah para nabi, dan mereka duduk di
atas mimbar tersebut. Kemudian, datanglah para penghuni surga dari kamar
mereka, lalu duduk di atas bukit pasir. Kemudian, Rabbmu, Allah, Dzat yang
Mahasuci lagi Mahatinggi, menampakkan diri-Nya kepada mereka, dan berfirman,
“Mintalah, pasti Aku beri kalian!” Maka mereka meminta ridha-Nya. Allah pun
berfirman, “Ridha-Ku adalah Aku halalkan untuk kalian rumah-Ku, dan Aku jadikan
kalian berkumpul di kursi-kursi-Ku. Karena itu, mintalah, pasti Aku beri!”
Mereka pun meminta kepada-Nya. Kemudian Allah bersaksi kepada mereka bahwa
Allah telah meridhai mereka. Akhirnya, dibukakanlah sesuatu untuk mereka, yang
belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga, dan tidak pernah
terlintas dalam hati seseorang. Dan itu terjadi selama kegiatan kalian di hari
jumat …. sehingga tidak ada yang lebih mereka nantikan, melebihi hari Jumat,
agar mereka bisa semakin sering melihat Rabb mereka dan mendapatkan tambahan
kenikmatan dari-Nya.” (H.r. Ibnu Abi Syaibah, Thabrani dalam Al-Ausath, Abu
Ya’la dalam Al-Musnad, dan statusnya hasan atau sahih, sebagaimana keterangan
Abdul Quddus Muhammad Nadzir)
Terlarangnya puasa jika dilakukan
pada hari Jumat saja
Tidak diperbolehkan bagi seorang muslim untuk melakukan puasa di hari
Jumat saja, padahal saat hari Kamis, dia tidak berpuasa, dan di hari Sabtu, dia
juga tidak puasa.
1. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, beliau mendengar Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ، إِلاَّ يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ
“Janganlah kalian berpuasa pada hari Jumat, kecuali jika telah berpuasa
sehari sebelumnya atau akan puasa sehari setelahnya.” (H.r. Bukhari dan Muslim)
2. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan,
نهى رسول الله صلى الله عليه و سلم أن يفرد يوم الجمعة بصوم
“Rasulallah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang menyendirikan hari
Jumat untuk berpuasa.” (H.r. Ahmad; sanadnya dinilai sahih oleh Syu’aib
Al-Arnauth)
3. Dari Junadah Al-Azdi; beliau mengatakan,
دخلت على رسول الله صلى الله عليه و سلم في سبعة نفر من الأزد أنا ثامنهم يوم الجمعة ونحن صيام فدعانا رسول الله صلى الله عليه و سلم إلى طعام بين يديه فقلنا انا صيام قال هل صمتم أمس قلنا لا قال فهل تصومون غدا قلنا لا قال فافطروا ثم خرج إلى الجمعة فلما جلس على المنبر دعا بإناء من ماء فشربه والناس ينظرون إليه ليعلمهم أنه لا يصوم يوم الجمعة
“Saya menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari Jumat bersama
tujuh orang dari suku Azd, dan saya adalah orang kedelapan. Saat itu, kami
sedang berpuasa. Kemudian, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengundang kami
untuk makan di depannya. Kami pun mengatakan, ‘Saya sedang puasa.’ Beliau
bertanya, ‘Apakah kemarin kalian puasa?’ Kami menjawab, ‘Tidak.’ Beliau
bertanya lagi, ‘Apakah besok kalian akan berpuasa?’ Kami menjawab, ‘Tidak.’
Kemudian beliau bersabda, ‘Berbukalah!’ Lalu beliau berangkat shalat Jumat.
Ketika beliau di atas mimbar, beliau minta dibawakan air, kemudian beliau minum
dan orang-orang melihatnya, untuk mengajari mereka bahwa beliau tidak berpuasa
di hari Jumat.” (H.r. Ibnu Abi Syaibah; dinilai sahih oleh Al-Hafizh Ibnu
Hajar)
4. Dari Ummul Mukminin, Juwairiyah binti Al-Harits radhiallahu ‘anha;
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menemuinya di hari Jumat, sementara dia
sedang berpuasa. Beliau bertanya, “Apakah kemarin kamu puasa?” Dia menjawab,
“Tidak.” Beliau bertanya lagi, “Apakah besok kamu mau puasa?” Beliau menjawab,
“Tidak.” Beliau bersabda, “Berbukalah!” (H.r. Bukhari, Abu Daud, dan Ibnu Abi
Syaibah)
5. Dari Laila, istri Basyir radhiallahu ‘anhuma; beliau mengatakan,
“Sesungguhnya, Basyir bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
‘Bolehkah saya berpuasa di hari Jumat dan tidak berbicara dengan seorang pun di
hari itu?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,
لا تصم يوم الجمعة الا في أيام هو أحدها أو في شهر وأما أن لا تكلم أحدا فلعمرى لأن تكلم بمعروف وتنهى عن منكر خير من ان تسكت
‘Janganlah kamu berpuasa di hari Jumat, kecuali jika kamu berpuasa
beberapa hari –salah satunya adalah hari Jumat– atau puasa sebulan. Adapun
tentang dirimu yang tidak ingin berbicara dengan seorang pun maka sungguh
engkau berbicara yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran itu lebih baik daripada
engkau diam.” (H.r. Ahmad, Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir, dan Baihaqi; dinilai
sahih oleh Al-Albani)
Tidak boleh mengkhususkan hari Jumat
untuk shalat malam
Sebagian orang beranggapan bahwa kita dianjurkan untuk memperbanyak
shalat tahajud di malam Jumat karena malam ini memiliki keutamaan yang banyak.
Anggapan ini adalah anggapan yang salah karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam melarang kita untuk mengkhususkan malam Jumat untuk ibadah.
1. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
لا تختصوا ليلة الجمعة بقيام من بين الليالي ولا تخصوا يوم الجمعة بصيام من بين الأيام إلا أن يكون في صوم يصومه أحدكم
“Janganlah kalian mengkhususkan malam Jumat untuk tahajud dan
meninggalkannya di malam yang lain. Jangan pula mengkhususkan siang harinya
untuk berpuasa, kecuali dalam rangkaian puasa kalian.” (H.r. Muslim)
2. Dari Muhammad bin Sirrin; beliau mengatakan,
Dahulu, Abu Darda’ menghidupkan malam Jumat dengan ibadah, dan beliau
berpuasa di siang harinya. Suatu ketika, datanglah Salman –dan Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam telah mempersaudarakan keduanya– kemudian beliau tidur di
rumahnya. Salman pun memperhatikan Abu Darda’ dan tidak membiarkannya, sampai
Abu Darda’ tidur dan tidak berpuasa. Maka datanglah Abu Darda’ menemui Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menceritakan perjumpaannya dengan Salman.
Kemudian, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Uwaimir (nama
asli Abu Darda’), Salman lebih tahu daripada kamu. Janganlah mengkhususkan
malam Jumat untuk shalat dan siang harinya untuk puasa.” (H.r. Abdurrazaq dalam
Al-Mushannaf)
Anjuran untuk membaca surat khusus
ketika shalat subuh di hari Jumat
Dianjurkan bagi orang yang melaksanakan shalat subuh di hari Jumat untuk
membaca surat As-Sajdah di rekaat pertama dan surat Al-Insan di rekaat kedua.
Dari Ibnu Abbas radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam, ketika shalat subuh di hari Jumat, membaca “alif-lam-mim, as-sajdah”
(surat As-Sajdah) dan “hal ata ‘alal insani …” (surat Al-Insan). Sementara,
pada shalat Jumat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca surat Al-Jumu’ah
dan surat Al-Munafiqun. (H.r. Muslim dan Abu Daud)
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan, “Dahulu, Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika shalat subuh di hari Jumat, membaca
‘alif-lam-mim … tanzil, as-sajdah‘ (surat As-Sajdah) dan ‘hal ata ‘alal insani‘
(surat Al-Insan).” (H.r. Bukhari dan Muslim)
Sebagian malaikat duduk di depan
pintu masjid
Di hari Jumat, Allah mengutus beberapa malaikat untuk berjaga di pintu
masjid, mencatat setiap orang yang datang jum’atan sebelum khatib naik mimbar.
1. Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
إذا كان يوم الجمعة قعدت الملائكة على أبواب المسجد فيكتبون الناس من جاء من الناس على منازلهم فرجل قدم جزورا ورجل قدم بقرة ورجل قدم شاة ورجل قدم دجاجة ورجل قدم عصفورا ورجل قدم بيضة قال فإذا أذن المؤذن وجلس الإمام على المنبر طويت الصحف ودخلوا المسجد يستمعون الذكر
“Apabila hari Jumat datang, para malaikat duduk di depan pintu
masjid-masjid. Mereka mencatat setiap orang yang datang sesuai dengan waktu
kedatangan mereka. Ada orang yang seperti berkurban unta, ada yang seperti
berkurban sapi, ada yang seperti berkurban kambing, ada yang seperti berkurban
ayam, ada yang seperti berkurban burung, dan ada yang seperti berkurban telur.
Ketika muazin melakukan azan dan imam sudah duduk di mimbar maka buku catatan
ditutup dan mereka masuk masjid, mendengarkan khotbah.” (H.r. Ahmad; sanadnya
dinilai hasan oleh Syu’aib Al-Arnauth)
2. Dari Abu Umamah radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan,
إذا كان يوم الجمعة قامت الملائكة بأبواب المسجد فيكتبون الناس على منازلهم الاول فإن تأخر رجل منهم عن منزله دعت له الملائكة يقولون اللهم إن كان مريضا فاشفه اللهم إن كانت له حاجة فاقض له حاجته فلا يزالون كذلك حتى إذا خرج الامام طويت الصحف ثم ختمت فمن جاء بعد نزول الامام فقد أدرك الصلاة ولم يدرك الجمعة
“Apabila hari Jumat datang, malaikat berjaga di pintu-pintu masjid.
Mereka mencatat setiap orang yang datang sesuai tingkat kedatangannya. Apabila
ada orang yang telat datang maka malaikat ini berdoa untuknya. Mereka
memanjatkan doa, ‘Ya Allah, jika dia sakit maka sembuhkanlah dia, dan jika dia
punya kepentingan maka selesaikanlah kebutuhannya.’ Mereka terus melakukan hal
itu, sampai imam datang. Ketika imam datang, buku catatan ditutup kemudian distempel.
Barang siapa yang datang setelah imam turun maka dia hanya mendapatkan shalat
dan tidak mendapatkan jum’atan.”
Keterangan:
Sanad hadis ini hasan. Hanya saja, statusnya mauquf sampai Abu Umamah.
Artinya, ini adalah perkataan Abu Umamah radhiallahu ‘anhu.
Di hari jumat terdapat satu waktu
yang mustajab
1. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam pernah menyinggung hari Jumat, kemudian beliau bersabda,
فيه ساعة لا يوافقها عبد مسلم وهو قائم يصلي يسأل الله تعالى شيئا إلا أعطاه إياه
“Di hari Jumat, ada satu waktu, apabila ada seorang muslim melakukan
shalat dan dia memohon sesuatu kepada Allah, pasti Allah beri.” Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam berisyarat dengan tangannya untuk menunjukkan
bahwa waktu itu hanya sebentar. (H.r. Bukhari dan Muslim)
2. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
خير يوم طلعت فيه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه تقوم الساعة وفيه ساعة لا يسأل الله عز و جل فيها عبد يصلى خير الا أعطاه الله وقللها وقال بيده هكذا انها قليلة
“Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari ini, Adam
diciptakan; di hari ini pula, kiamat terjadi; di hari Jumat terdapat satu
waktu, apabila ada seorang hamba yang shalat, memohon kepada Allah di waktu
itu, maka Allah akan memberikan pintanya.” (H.r. Abu Daud Ath-Thayalisi;
statusnya hasan lighairihi)
3. Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
إن في الجمعة ساعة لا يوافقها مسلم وهو في صلاة يسأل الله خيرا الا آتاه إياه قال وقللها
“Sesungguhnya, di hari Jumat, ada satu waktu; tidaklah seorang muslim
yang shalat, dia memohon kebaikan kepada Allah, dan bertepatan dengan waktu
tersebut, kecuali Allah pasti akan mengabulkannya.” (H.r. Ahmad; statusnya
sahih)
Anjuran memperbanyak salawat di hari
Jumat
1. Dari Aus bin Aus radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,
من أفضل أيامكم يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه قبض وفيه النفخة وفيه الصعقة فاكثروا على من الصلاة فيه فان صلاتكم معروضة على فقالوا يا رسول الله وكيف تعرض عليك صلاتنا وقد أرمت يعنى وقد بليت قال إن الله عز و جل حرم على الأرض أن تأكل أجساد الأنبياء صلوات الله عليهم
“Di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Di hari itu,
Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala
pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan. Oleh sebab itu,
perbanyaklah membaca salawat untukku di hari Jumat karena salawat kalian
ditunjukkan kepadaku.” Para sahabat bertanya, “Bagaimana salawat itu
ditunjukkan kepada Anda padahal Anda telah menjadi tanah (mati)?” Beliau
bersabda, “Sesungguhnya, Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para nabi
–shallallahu ‘alahim ajma’in–.” (H.r. Ahmad; sanadnya dinilai sahih oleh
Syu’aib Al-Arnauth)
2. Dari Abu Umamah radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,
أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاةِ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ , فَإِنَّ صَلاةَ أُمَّتِي تُعْرَضُ عَلَيَّ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ , فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَيَّ صَلاةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي مَنْزِلَةً
“Perbanyaklah membaca salawat untukku setiap hari Jumat, karena salawat
umatku ditunjukkan kepadaku setiap hari Jumat. Siapa saja yang paling banyak
salawatnya untukku maka dia adalah orang yang paling dekat kedudukannya
denganku.”
Keterangan:
Status hadis ini diperselisihkan oleh para ulama ahli hadis. Ada yang
menilainya kuat dan ada yang menilainya dhaif. Di antara ulama yang menilainya
dhaif adalah Imam Adz-Dzahabi dan Syekh Nashiruddin Al-Albani. Adapun ulama
yang menerima hadis ini di antaranya adalah As-Suyuti. Hadis ini juga
disebutkan oleh Al-Mundziri dalam At-Targhib; beliau mengatakan, “Diriwayatkan
oleh Al-Baihaqi dengan sanad hasan.”
Kiamat terjadi di hari Jumat
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة
“Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam
diciptakan; di hari itu, Adam dimasukkan ke surga; di hari itu pula, Adam
dikeluarkan dari surga; dan kiamat tidak akan terjadi kecuali di hari Jumat.”
(H.r. Muslim, Ahmad, dan Turmudzi)
Orang yang meninggal di hari Jumat
akan dilindungi dari fitnah (ujian) alam kubur
Dari Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam bersabda,
ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو ليلة الجمعة الا وقاه الله فتنة القبر
“Tidaklah seorang muslim yang meninggal di hari Jumat atau malam Jumat,
kecuali Allah akan lindungi dirinya dari fitnah (ujian) alam kubur.” (H.r.
Ahmad; dinilai sahih oleh Ahmad Syakir serta Al-Albani)
Anjuran membaca surat Al-Kahfi pada
malam atau siang hari Jumat
1. Dari Abu Said Al-Khudri radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan
disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (H.r. Ad-Darimi; Syekh Al-Albani
mengatakan bahwa hadis ini sahih)
2. Dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan
disinari cahaya di antara dua Jumat.” (H.r. An-Nasa’i dan Baihaqi; Al-Albani
mengatakan bahwa hadis ini sahih).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tuliskan Komentar, Kritik dan Saran SAHABAT Disini .... !!!