Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Cari Berkah

Selasa, 05 Februari 2013

Aurat Dan Pakaian Wanita

Opini tentang jilbab :

Memakai jilbab itu kewajiban dan kebutuhan seorang muslimah yang sudah baligh karena jilbab dapat menutupi seluruh aurat wanita karena, aurat jika ditampakkan akan menimbulkan aib dan apabila seorang muslimah yang sudah baligh tidak memakai jilbab dan belum menikah selain ia menanggung dosa Ayahnya pun ikut menanggung dosanya sebaliknya jika ia sudah menikah maka dosanya juga ditanggung suaminya, menurut saya jilbab yang baik, yang syar’I yaitu menutupi dada dan tidak tipis dan tidak mencolok. 

Rasululah SAW bersabda :

“Sesungguhnya apabila wanita itu telah baligh ( sudah haid ) maka tidak diboleh dilihat dan padanya kecuali ini dan ini,sambil mengisyaratkan kepada muka dan telapak tangannya”. (HR.ABU DAWUD)

Dalam riwayat lain beliau bersabda :

“Sesungguhnya wanita itu jika telah cukup umurnya tidak boleh terlihat dari padanya kecuali muka dan telapak tangannya hingga pergelangan”. (HR.DAWUD)

Dalam Al Qur’an juga dijelaskan :

“Katakanlah kepada wanita yang beriman:”Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka.Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka,dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka,ayah mereka,ayah suami mereka, atau putra-putra mereka putra-putra saudara laki-laki mereka,atau putra-putra saudara perempuan  mereka, wanita-wanitaIslam, budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyaikeinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita.Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya mereka beruntung”. (Qs. An-Nuur :31)

Sabda Rasulullah SAW:


“Allah tidak akan menerima sholat seorang wanita melainkan tertutup perhiasannya (auratnya). Dan tidak terima sholat seorang wanita haidh (sudah cukup umurnya) melainkan dengan tudung kepala”. (HR.Ath Thabrani)


Allah berfirman :

Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuan dan istri-istri orang mukmin:”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka”.yang demikian itu supaya mereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalh Maha Pengampun lag Maha penyayang.(Q.S. Al-Ahzab : 59)

Aisyah berkata,”Mudah-mudahan Allah mengasihi wanita-wanita yang turut hijrah dahulu, ketika Allah menurunkan ayat ,”Dan hedaklah Wanita-wanita mukmin itu mengulurkan jilbabnya diatas dada dan leher mereka, mereka sama merobeknya kain-kain mereka lalu mereka gunakan kain-kain itu sebagai kudung (kepala mereka)”. (HR. Bukhari)

Rasulullah bersabda :

“Ada dua kelompok penghuni neraka yang belum pernah aku lihat, yaitu para wanita yang berpakaian telanjang yang selalu bergoyang-goyang kepal mereka bagaikan punuk unta. Mereka tidak akan masuk surga dan tidak bias mencium baunya …(HR. Muslim)

Sabda Rasulullah :

“Apabila wanita memkai wangi-wangian, kemudian ia berkalan melalui majlis laki-laki, maka itu begini-begini, yaitu pelacur”. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Allah berfirman :

Dan hendaklah kamu menetap dirumahmu dan jangan kamu berhias, bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyyah terdahulu”.( Al Ahzab : 33)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar, Kritik dan Saran SAHABAT Disini .... !!!