Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Cari Berkah

Sabtu, 31 Mei 2014

Kedermawanan Khalifah‬ Abu Bakar r.a

Kisah ini kami angkat dari kedermawanan Khalifah Rasulullah SAW Pertama yakni Abu Bakar-r.a dalam mensedekahkan hartanya dijalan Allah SWT.

“hari ini saya akan mengalahkan Abu Bakar!! ” ujar Umar bin Khattab dengan yakin.

Saat itu pada masa Perang Tabuk, Rasulullah mendatangi para sahabat-sahabatnya dan menganjurkan para sahabat untuk bersedekah. Kali ini Umar bin Khattab betul-betul ingin mengalahkan Abu Bakar dalam hal bersedekah untuk jihad dan dia sangat yakin akan memenanginya karna jumlah harta yang dimiliki Umar bin Khattab saat itu sangat jauh lebih banyak dibandingkan jumlah harta Abu Bakar.

Dengan penuh semangat Umar lalu pulang ke rumahnya dan segera kembali dengan membawa setengah dari seluruh harta yang dimilikinya kemudian beliau meletakkannya kehadapan Nabi. Rasulullah sangat memahami keinginan Umar yang bersemangat luar biasa bersedekah dalam jihad.
Maka yang Rasulullah tanyakan adalah “berapa yang telah engkau tinggalkan untuk keluargamu ?”
Umar pun menjawab “telah kutinggalkan separuh dari seluruh hartaku, wahai Rasulullah”
Kemudian beberapa saat setelah itu datanglah Abu Bakar
Harta yang dibawa oleh Abu Bakar jauh lebih sedikit daripada harta yang dibawa oleh Umar
Kemudian beliau juga meletakkannya kehadapan Nabi
Rasulullah pun sangat memahami keinginan sahabatnya Abu Bakar yang ingin bersedekah dalam jihad
Maka yang Rasulullah tanyakan adalah “apa yang telah engkau tinggalkan untuk keluargamu, wahai Abu Bakar ?”
Abu Bakar menjawab “aku meninggalkan Allah dan Rasul-Nya untuk mereka”
Umar yang juga mendengar penuturan Abu Bakar berkata “demi Allah, aku tidak dapat mengunggulimu setelah hari ini, wahai Abu Bakar”

Dan ini adalah kali ketiga ia menyedekahkan semua hartanya setelah awal keislamannya dan saat hijrah bersama Nabi SAW.

Semoga kedermawanan Abu Bakar r.a menjadi teladan bagi kita dalam hal bersedekah, walaupun tidak sedermawan beliau, setidaknya kita dapat tanamkan prinsif bahwa harta itu dari Allah, Maha kuasa_Nya dapat mengambilnya dari kita dengan cara apapun dan kapanpun Allah kehendaki atau menambahkan yang lebih banyak bahkan berlipat-lipat dari jumlah yang kita sedekahkan dijalan Allah jika Allah menghendaki. Satu hal yang sangat penting, kedermawanan Abu Bakar dan Umar bin Khattab r.huma tentu karena meneladani Rasulullah SAW. Semoga Allah memuliakan Nabi Muhammad SAW dan meninggikan derajat Nabi Muhammad SAW sebagaimana yang Allah janjikan kepada beliau. Semoga Allah juga meridhoi keluarga Nabi SAW, Para Sahabatnya yang Mulia, kaum Muslimin pada umumnya termasuk kita, semoga digolongkan sebagai Umatnya Nabi Muhammad SAW. Aamiiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar, Kritik dan Saran SAHABAT Disini .... !!!