Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Cari Berkah

Senin, 09 Januari 2017

Cara Mengubah Path Disk Drive Pada Windows

Disk drive yang tersambung dengan komputer, akan ditandai oleh windows dengan kode pengurutan menggunakan huruf alfabet. Kode ini sebagai pembeda antar disk drive, dimana windows akan menomorinya secara otomatis.

Apa sih Path itu ?
jika kita membuka windows explorer, disana ada beberapa ruang penyimpanan. Walaupun mungkin disetiap komputer berbeda, namun pada umumnya akan muncul penyimpanan dengan nama Local Disk (C:) dan Disk Drive (D:). Lokasi penyimpanan itu disebut Drive, untuk penamaannya bisa diubah sesuai kemauan sendiri, hanya dengan klik kanan drivenya lalu pilih Properties, maka akan terbuka dialog box Disk Drive Properties, silahkan ketikan nama drive yang diinginkan pada tab General, setelah itu Apply > OK. Disitu juga menampilkan informasi kapasitas dari drive tersebut.

Sedangkan path yang kita maksud, adalah penomoran dari drive tersebut yang ditandai dengan menggunakan huruf alfabet. Seperti contoh di atas, terdapat dua drive yaitu C dan D. Nah, huruf itulah yang disebut path.

Disini saya akan sharing cara mengubah atau menyesuaikan penomoran tersebut. Kalau ditanya, apa sih perlunya dirubah?. Secara fungsi dan pengaruh, mungkin hampir tidak ada jika untuk user pada umumnya. Namun bagi seorang programer mungkin akan dibutuhkan mengubah nomor path untuk menyesuaikan programnya. Namun tujuan saya menulis Cara Mengubah Path Disk Drive Pada Windows ini adalah hanya sebagai tambahan ilmu pengetahuan saja bagi yang belum tahu.

Oke, langsung saja kita ke bagaimana cara mengubah path dari disk drive pada windows :
Pertama mulai dengan meng-klik start menu, lalu klik kanan menu Computer, pilih Manage.
Maka akan terbuka dialog box Computer Management (Selain dari start menu, menu computer juga tersedia di windows explorer, caranya sama saja).
Klik menu Disk Management maka akan muncul informasi drive-drive yang ada dikomputer. Pilih drive mana yang akan diubah pathnya dengan cara klik kanan, pilih Change Drive Letter and Paths. Pada dialog box Change Drive Letter and Paths pilih Change, pada pilihan Assign the following drive letter silahkan pilih nomor yang diinginkan. Lalu OK, jika muncul peringatan Do you want to continue? Pilih saja YES, karena itu hanya informasi apabila ada program yang terpaut dengan nomor path lama mungkin akan tidak berjalan di path baru. Setelah selesai, tutup semua jendela box, lalu lihat hasilnya di windows explorer, maka path drive sudah berubah.

Untuk lebih jelasnya, tonton video Cara Mengubah Path Disk Drive Pada Windows disini :



Pengetahuan tambahan!
Sebagian pengguna windows pasti pernah bertanya-tanya mengapa drive dalam komputernya dimulai dari C:? Lalu kemana drive A: dan drive B:? Apa fungsi drive A: dan drive B: di sistem operasi windows?
Hilangnya drive A: dan drive B: ini tidak lepas dari sejarah sistem operasi DOS dan windows di masa lalu.

drive A: dan drive B: tidak akan pernah muncul jika kita tidak memasang floppy drive. Floppy drive adalah sebuah drive yang berfungsi untuk membaca media penyimpanan berupa disket. Drive A: biasanya digunakan untuk disket berukuran 3,5 inci, sedangkan Drive B: digunakan untuk disket berukuran 5,25 inci. Disket adalah sebuah media penyimpanan yang pernah populer ditahun 90-an namun kini telah punah karena telah tergantikan dengan oleh media penyimpanan yang lebih canggih danpraktis seperti CD, DVD, Flashdisk, Hard Disk Eksternal, dan lain-lain. Meskipun floppy drive telah punah, hard disk tetap dimulai dari drive C: dengan alasan kompatibilitas.

Oke, sekian itu saja yang dapat admin bagikan, semoga bermafaat dan terima kasih telah mengunjungi ruang berkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar, Kritik dan Saran SAHABAT Disini .... !!!