Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Cari Berkah

Rabu, 27 Maret 2013

Sunnah Berjalan Tanpa Alas Kaki

Subhanallahu (Mahasuci Allah)! Pada setiap penemuan ilmiah, pasti kita akan mendapatkan bahwa sinyal-sinyal Qur’ani atau Nabawi telah menunjukkannya. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah mewasiatkan kepada para Shahabat beliau radhiyallahu ‘anhum agar mempraktekkan jalan kaki seperti ini (tanpa alas kaki). Dan telah diriwayatkan dari Fadhalah bin ‘Ubaid bahwasanya dia berkata:

(كان النبي صلى الله عليه وسلم يأمرنا أن نحتفي أحياناً) (رواه أحمد)

"Dahulu Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kami agar berjalan tanpa alas kaki kadang-kadang." [Musnad Imam Ahmad dengan sanad yang shahih menurut Syaikh al-Albani dan Syau’aib al-Arna’uth rahimahumallah]

Dan hadits yang semakna dengan hadits ini banyak. Wallahu A’lam

Pada penelitian ilmiah modern, terlihat jelas bahwa sebagian besar dari mereka yang menderita sakit pada kedua kaki mereka, adalah disebabkan karena mereka selalu memakai sepatu. Oleh karena pengobatan yang ideal adalah berjalan tanpa menggunakan alas kaki, selama seperempat jam setiap hari. Para peneliti mengatakan bahwa berjalan dengan cara seperti ini di atas rumput atau kayu atau tanah, merangsang pembuluh darah, dan menjaga bentuk alami kaki serta menguatkan otot-otot betis dan menenangkan sistem saraf.

Namun, tahukah Anda manfaat dari berjalan tanpa alas kaki? Berikut berbagai manfaat dari jalan tanpa alas kaki:

1. Melancarkan Aliran Darah


Daerah telapak kaki terdapat banyak pembuluh darah yang merupakan tempat berbaliknya aliran darah. Efek pijatan ringan pada telapak kaki yang menekan langsung pada lantai atau rumput dapat memperlancar aliran darah di sekitar kaki.

2. Membantu Relaksasi

Berdasarkan sebuah penelitian diketahui bahwa berjalan tanpa alas kaki di atas rumput mampu mengurangi stres dan kelelahan mental. Sensasi pijatan ringan dan rangsangan sentuhan pada telapak kaki mampu merelakskan otot dan syaraf.

3. Mengurangi Resiko Kaki Bau

Kondisi permukaan kaki yang jarang terbuka karena tertutup oleh sepatu dapat menyebabkan timbulnya bau kaki. Permukaan kaki yang terbuka mampu mengurangi kelembaban kaki akibat keringat.

4. Membantu Menjaga Kaki Lebih Sehat

Kelembaban kaki yang berlebihan bila disertai dengan sel-sel kulit mati maka akan menjadi tempat yang cocok untuk perkembangbiakan bakteri dan jamur.

5. Memperluas Ruang Gerak Otot dan Sendi Kaki

Jari kaki dan engkel akan bergerak lebih leluasa jika berjalan tanpa alas kaki. Penggunaan sepatu sehari-hari dapat membatasi gerak otot kaki, sehingga kaki terasa tidak nyaman.

6. Merangsang Fungsi Syaraf Keseimbangan

Berjalan tanpa alas kaki membantu merangsang syaraf keseimbangan pada telapak kaki yang dapat meningkatkan kewaspadaan, keseimbangan dan ketangkasan gerak.

7. Membantu Tidur Nyenyak

Efek pijatan pada telapak kaki mampu membantu relaksasi. Alhasil, orang akan tidur dengan pulas. Kebiasaan iniu juga dapat membantu orang yang susah tidur (insomnia).

Meskipun mempunyai banyak manfaat, namun tidak disarankan untuk berjalan tanpa alas kaki dalam waktu yang lama. Cukup 30 menit saja berjalan tanpa alas kaki. Selain itu perhatikan pula keamanan tempat Anda berjalan. Jangan sampai kegiatan ini malah melukai kaki anda.

Wallahu a'lam
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar, Kritik dan Saran SAHABAT Disini .... !!!