Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Cari Berkah

Senin, 19 Mei 2014

Catatan Sahabat Rasulullah Muhammad SAW (Umar bin Khattab)

Sungguh, tidaklah cukup untuk mencintai seseorang tanpa mencintai orang-orang disekitarnya. Mari kita mengenal dan mencintai para sahabat Rasulullah SAW.

“Seandainya ada nabi setelahku maka ia adalah Umar bin Khattab.” (HR.Tirmidzi)

Umar bin Khattab lahir 13 tahun setelah Tahun Gajah, sebagaimana dikatakan oleh Imam Nawawi.

Umar bin Khattab masuk Islam pada tahun keenam kenabian saat berumur 27 tahun.

Umar bin Khattab adalah khalifah pertama yang mendapat gelar ’amirul mukminin.

Menurut Ibnu Umar, Umar bin Khattab berkulit putih bersih dengan kemerah-merahan. Postur tubuhnya tinggi, kepalanya botak dan beruban.

“Umar bin Khattab berpostur tinggi jauh melampaui umumnya manusia.” [Ubaid bin Umar]

”Kedua tulang pipinya menonjol, bagian depan jenggotnya besar dan di ujungnya ada warna hitam kemerah-merahan.” [Abi Raja Al-Athari]

Tahukah anda? Umar adalah keponakan dari Abu Jahal dan beliau juga keponakan secara hukum dari Rasulullah SAW. Ummu Salma, bibi Umar, menikah dengan Rasulullah SAW.

Umar bin Khattab diberi gelar Al Faruq oleh Rasulullah SAW.

Ibnu Sa’ad dari Dzakwan bertanya kepada ’Aisyah, “Siapa yang menggelari Umar bin Khattab dengan Al-Faruq?” Dia berkata: ”Rasulullah.”

Al Faruq artinya pembeda antara yang haqq (benar) dan yang bathil (salah).

Umar adalah salah satu sahabat yang dijamin masuk surga.

Rasul SAW pernah bermimpi melihat Umar ra di surga. Beliau SAW melihat seorang wanita sedang berwudhu disamping sebuah Istana. Kemudian Rasul SAW menanyakan milik siapa rumah itu, lalu dikatakan, "Milik Umar." (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Sesungguhnya Allah telah mengalirkan kebenaran melalui lidah dan hati Umar.” (HR. Tirmidzi)

Umar bin Khattab adalah mertua Rasulullah SAW. Beliau adalah ayah dari isteri Nabi SAW, Hafsah r.ha.

Tahukah anda? Menurut ahli sejarah, Umar adalah pegulat handal di kalangan Quraish di masa Jahiliyyah.

Tahukah anda? Umar dibesarkan disebuah rumah di antara Safa dan Marwa. Di masa khalifahnya, rumah itu dihancurkan dan dijadikan arena kamping.

Rasulullah SAW pernah berdoa:
“Ya Allah, muliakanlah Islam dengan salah 1 dari 2 orang yang Engkau cintai dengan Abu Jahal atau Umar.” (HR. Tirmidzi)

Dan Subhanallah, Allah SWT mengabulkan doa Rasulullah SAW dengan memilih Umar bin Khattab sebagai simbol kemuliaan Islam.

Umar masuk Islam saat hendak membunuh Rasulullah SAW. Beliau menemui adiknya Fathimah r.ha dan suaminya Said bin Zaid ra membaca Surah Taha.

“Islamnya Umar adalah sebuah kemenangan besar, sedangkan hijrahnya adalah keuntungan. Kepemimpinannya adalah rahmat.” [Ibn Masud]

Sejak Umar masuk Islam, kaum Muslim dapat melaksanakan Shalat di Baitullah.

Tahukah anda? Di masa jahiliyah, hanya ada 17 orang Quraish yang bisa baca dan tulis, dan Umar adalah salah satunya.

Umar terkenal dengan badannnya yang besar, ketangguhannya, dan keberaniannya.

“Orang pertama yang berani menampakkan Islam di makkah adalah Umar bin Khattab.” [Ibnu Abbas]

“Saya tidak mengenal seorang pun yang melakukan hijrah kecuali dia akan melakukannya dengan cara sembunyi kecuali Umar.” [Ali bin Abi Thalib]

Saat Umar melakukan hijrah dia menyandangkan busur panahnya, dia mengeluarkan beberapa anak panah yang dia pegang di tangannya.

Umar adalah orang yang sangat dermawan.

“Tidaklah saya melihat seorangpun sepeninggal Rasulullah SAW semenjak beliau wafat seseorang yang lebih sungguh-sungguh dan dermawan melebihi Umar.” [Ibnu Umar]

Tahukah anda? Umar merupakan pemimpin Islam pertama yang mendirikan Baitul Mal, pengadilan, tentara, uang koin dan penjara.

Umar pula pemimpin Islam pertama yang mendirikan polisi, imigrasi, sekolah, dan menggaji para imam, guru, dan muazin.

Tahukah anda? Umar diantara kaum Quraish terkenal dengan kepandaiannya di bidang Sejarah Arab.

Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Wahai Ibnu Khathab, demi Dzat Yang jiwaku ada di TanganNya, sekali-sekali syetan tidak akan melalui suatu jalan yang akan engkau lewati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Di antara umat sebelum kamu ada orang-orang yg muhaddats (mendapat ilham), jika orang tersebut ada pada umatku, pasti dia adalah Umar.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Sesungguhnya Allah menjadikan kebenaran di lidah dan hati Umar.” (HR. Tirmidzi)

Tahukah anda? Di masa khalifah Umar, tidak ada orang Arab yang boleh menjadi budak. Dan pertama kali pula diadakannya sensus penduduk.

Rasulullah SAW pernah bersabda:
“Tidak ada satu malaikat pun di langit yang tidak menghormati Umar, dan tidak ada satu syetan pun yang ada di bumi kecuali dia akan takut kepada Umar.” (HR. Ibnu Asakir)

Tahukah anda? Umar adalah pemimpin Islam pertama yang membagi negara menjadi provinsi dan provinsi menjadi daerah.

Umar menjadi khalifah di hari meninggalnya Abu Bakar. Yakni pada hari Selasa tanggal 22 Jumadil Akhir. Pada masanya terjadi banyak pembukaan wilayah-wilayah, seperti Damaskus (dengan damai), tahun 14 H dan Yordania (dengan perang) tahun 15 H.

Di jaman Umar pula ditetapkan penanggalan tahun Hijriyah atas usulan Ali bin Abi Thalib ra. Dan pada tahun 17 H, Masjid Nabawi diperluas.

Di masa pemerintahan, Umar selalu melakukan patroli di malam hari untuk melihat apakah orang-orang sudah tercukupi kebutuhannya.

Umar adalah orang yang pertama kali membangun Baitul Mal dan memerintahkan hukuman bagi orang yang menghujat.

Umar pernah berdoa supaya meninggal dalam keadaan syahid. Allah mengabulkan dan beliau dibunuh oleh Abu Lu'lu saat mengimami shalat subuh.

“Tidak ada Muslim (di Madinah waktu itu) yang tidak sedih dengan matinya Umar." [Abu Talha]

Tahukah anda bahwa ada tiga pendapat Umar yang sejalan dengan kehendak Allah?

Umar berkata kepada Rasul bahwa beliau ingin menjadikan Maqam Ibrahim sebagai tempat shalat. Lalu turunlah ayat Allah ”…dan Jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat….” (Q. S. Al-Baqarah : 125)

Yang kedua, Umar pernah usul kepada Nabi SAW agar istri-istri beliau untuk menggunakan Hijab. Dan turunlah ayat tentang Hijab.

Yang ke3, ketika Surah Al Mu'minun ayat 12 turun, Umar berkata, ”Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik,”  dan Allah befirman yang sama persis dengan apa yang Umar katakan, “…Maka Maha Suci Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (QS Al-Mu’minun, 14)

Berilah kesempatan orang untuk berubah. Orang yang dulunya ingin membunuh Rasulullah SAW pun kini tidur bersebelahan dengannya. Semoga Allah SWT meridho’i Umar ibn Khattab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar, Kritik dan Saran SAHABAT Disini .... !!!