Al-Imaam
At-Tirmidziy rahimahullah berkata :
حَدَّثَنَا سَلَمَةُ بْنُ شَبِيبٍ، حَدَّثَنَا الْمُقْرِئُ، عَنْ حَيْوَةَ بْنِ شُرَيْحٍ، عَنْ بَكْرِ بْنِ عَمْرٍو، عَنْ مِشْرَحِ بْنِ هَاعَانَ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ: " لَوْ كَانَ بَعْدِي نَبِيٌّ لَكَانَ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ
Telah
menceritakan kepada kami Salamah bin Syabiib : Telah menceritakan kepada kami
Al-Muqri’, dari Haiwah bin Syuraih, dari Bakr bin ‘Amru, dari Misyrah bin
Haa’aan, dari ‘Uqbah bin ‘Aamir, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah
shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Seandainya setelahku ada nabi, niscaya ia adalah
‘Umar bin Al-Khattaab” [As-Sunan, no. 3686].
Keterangan :
1. Salamah bin Syabiib An-Naisaabuuriy, Abu
‘Abdirrahmaan Al-Hajuriy Al-Masma’iy; seorang yang tsiqah (w. 247 H). Dipakai
Muslim dalam Shahih-nya [Taqriibut-Tahdziib, hal. 400 no. 2507].
2. Al-Muqri’ namanya : ‘Abdullah bin Yaziid
Al-Qurasyiy Al-‘Adawiy Al-Makkiy, Abu ‘Abdirrahmaan Al-Muqri’ Al-Qashiir;
seorang yang tsiqah lagi mempunyai keutamaan (w. 213 H). Dipakai Al-Bukhaariy
dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 558-559 no. 3739].
3. Haiwah bin Syuraih bin Shafwaan bin
Maalik At-Tujiibiy, Abu Zur’ah Al-Mishriy; seorang yang tsiqah, tsabat, faqiih,
lagi zaahid (w. 158/159 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya
[idem, hal. 282 no. 1610].
4. Bakr bin ‘Amru Al-Ma’aafiriy Al-Mishriy;
seorang yang shaduuq lagi ‘aabid (w. setelah 140 H pada masa pemerintahan Abu
Ja’far). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 176 no.
753].
5. Misyrah bin Haa’aan Al-Ma’aafiriy, Abu
Mush’ab Al-Mishriy; seorang yang dihukumi Ibnu Hajar maqbuul, yaitu jika ada
mutaba’ah (namun jika tidak ada, maka lemah) (w. 128 H) [idem, hal. 944-945 no.
6724].
Saya
(Abul-Jauzaa’) berkata :
Ahmad
bin Hanbal berkata : “Ma’ruuf”. Ibnu Ma’iin berkata : “Tsiqah”. ‘Utsmaan bin
Sa’iid Ad-Daarimiy berkata : “Shaduuq”. Al-‘Ijliy berkata : “Taabi’iy tsiqah”.
Ibnu Hibbaan menyebutkannya dalam Ats-tsiqaat dan berkata : “Sering keliru dan
menyelisihi”. Ia juga menyebutkannya dalam Al-Majruuhiin dan berkata :
“Meriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Aamir hadits-hadits munkar yang tidak ada mutaba’ah-nya.
Yang benar tentang perkaranya adalah meninggalkan riwayat-riwayatnya yang ia
bersendirian, dan boleh dijadikan i’tibar jika berkesesuaian dengan perawi
tsiqaat”. Ibnu ‘Adiy berkata : “Aku harap, tidak mengapa dengannya”.
Adz-Dzahabiy berkata : “Shaduuq”. Di lain tempat ia berkata : “Tsiqah”.
Al-Albaaniy
berkata : “Padanya terdapat pembicaraan, namun ia tidak turun dari tingkatan
hasan”. Abu Ishaaq Al-Huwainiy berkata : “Shaduuq, terdapat sedikit pembicaraan
dalam hapalannya”. Basyar ‘Awwaad dan Al-Arna’uth menyimpulkan : “Shaduuq
hasanul-hadiits”.
[lihat
: Taariikh Ibni Ma’iin lid-Daarimiy hal. 204 no. 755, Ma’rifatuts-Tsiqaat 2/279
no. 1728, Tahdziibul-Kamaal 28/7-8 no. 5974, Tahdziibut-Tahdziib 10/55 no. 295,
Al-Kaasyif 2/265 no. 5456, Miizaanul-I’tidaal 4/117 no. 8549, Ash-Shahiihah
1/646,Natsnun-Nabaal hal. 1366 no. 3371, dan Tahriir Taqriibit-Tahdziib
3/380-381 no. 6679].
Kesimpulan
: Misyrah seorang yang shaduuq. Ibnu Hibbaan telah menyendiri dalam penyebutan
jarh tersebut.
6. ‘Uqbah bin ‘Aamir Al-Juhhaniy; salah
seorang shahabat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam (w. 60 H di Mesir).
Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [At-Taqriib, hal. 684 no.
4675].